08121-433-433

Finishing cat duco

Minggu, Februari 21st 2016. | Blog

paint_cans_medium

Sekarang saya akan membahas finishing dengan media cat jenis duco yang biasa kita lakukan di workshop kita. yang saya sendiri bilang pengecatan tuh pekerjaan orang gila..udah dicat terus diamplas, terus dicat lagi..abis itu diamplas lagi..abis itu dicat.

Ada beberapa langkah standar yang biasa kita lakukan , tapi mungkin sedikit tip untuk mengingatkan aja…
1.Setelah bahan yang kita akan cat di amplas hanya sekedar menghilangkan serat2 bekas potong (amplas kasar atau bisa pake no 180) kita berikan sanpolak lalu diamplas lagi sampe halus.

2.Setelah halus (perhatikan ujung2nya/sudut2nya/sikunya, karena salah satu syarat detil kerapihan juga) setelah itu baru di cat dengan epoxi (biasanya saya memakai epoxi warna putih).

Tunggu dan diamkan kira2 5 jam lalu ulangi penyemprotan dengan epoxi sekali lagi (total 2 kali penyemprotan cat dasar) setelah selesai diamkan selama 1 hari/24 jam. Supaya lapisan dasar tersebut benar2 kering. Klo mau bagus dan maksimal memang seperti ini yang kita lakukan, jangan sampai kerja 2 kali hanya untuk merevisi/memperbaiki pekerjaan..makan waktu dan cost yang gak sedikit.

3.Setelah lapisan epoxi benar2 kering dilakukan pengamplasan, baik menggunakan tangan maupun amplas mesin (pilihan dengan mesin akan lebih baik..lebih cepat dan rata) dicampur dengan sedikit air supaya pengamplasan lebih merata. Menggunakan amplas niken no. 360

4.Setelah rata dan kering dilakukan penyemprotan dengan cat dasar..disini saya menggunakan cat nippe sebagai cat dasar dengan thinner HG (high gloss). Bila mau sedikit murah bisa menggunakan merk impala. Hanya bedanya, melakukan penyemprotan dengan thinner HG dalam segala cuaca tetap bisa bagus. Setelah kering diamplas lagi menggunakan sedikit air seperti langkah 3. Menggunakan amplas niken no. 500

5.Setelah kering dan halus baru naik cat pernis/finishing (disini saya biasa menggunakan Danagloss jenis PU/polyurethane) diamkan selama 4-5 jam lalu diamplas dengan amplas no. 1500 dengan air. Lalu diamkan lagi sampai kering +/- 1 jam. Setelah itu ulangi lagi pengecatan dengan danagloss. (total 2 kali) lalu diamkan sampai kering +/- 3 jam.

6.Setelah benar2 kering (aplikasi langkah 5) baru di poles. Biasa saya menggunakan sanpoly dengan kain ball (tanya aja ke toko material pasti tau. gosok secara halus (pake perasaan..heheehehee). liat hasilnya..

Sekedar saran aja, pada aplikasi langkah 5 dengan jenis cat PU banyak sekali yang bisa kita dapat diantaranya lebih cepat kering, kuat, tahan gores, tidak berbau, serta penyemprotan bila sedang cuaca hujan.

maka hasilnya akan tetap maksimal. Lain dengan menggunakan cat biasa yang lama kering, bau cat yang menyengat (klo buat luar ruangan gak masalah), bila cuaca dingin hasilnya pasti berkabut, tidak terlalu tahan gores, cat mengering agak lama, dan lengket.

Hanya saja, pengertian dan pengetahuan tukang terhadap jenis cat PU ini harus benar2 bagus khususnya pengetahuan tentang aplikasi percampuran thinner dengan cat. jika tidak pasti retak2 bila salah mencampur/salah menggunakan thinner dengan cat mana yang harus dengan PU atau tidak.

JIka anda ingin mendesain rumah anda, sampai mengetahui detail budget yang akan keluar, anda bisa memakai jasa kami. terima kasih.

Artikel lain Finishing cat duco