08121-433-433

Tips Menata Interior Rumah Sempit

Selasa, Februari 9th 2016. | Blog

Memiliki rumah yang sempit dengan ruang yang tidak beraturan akan membuat suasana kamar menjadi tidak nyaman. Selain sebagai ruang pribadi, kamar juga termasuk ruang favorit. Banyak orang yang tidak segan untuk menghabiskan waktu di kamar kesayangannya hanya sekedar untuk membaca buku atau beristirahat. Namun bila kamar Anda sempit, tentu cukup membuat pusing dalam menatanya.

Tips Menata Interior Ruangan Sempit Agar Terasa Nyaman

Ruangan Mungil
Hal ini menjadi persoalan yang penting, pasalnya dengan ruangan yang sempit ditambah lagi penataan barang yang tidak tepat akan semakin membuat kamar menjadi tidak beraturan. Kondisi ini sering sekali dialami oleh banyak orang, karena tidak tahu cara menata ruang sempit sehingga membuat pemandangan kamar terganggu dan Anda pun tidak merasakan kenyamanan.

Ruangan sempit juga akan mempengaruhi gerak-gerik tubuh Anda ketika sedang berada di ruangan tersebut. Ditambah dengan penggunaan berbagai furniture rumah yang membuat kamar Anda tambah sempit.

Tetapi, hal tersebut masih bisa diatasi dengan mencari solusi dalam penataan furniture agar terlihat rapi. Tentu dalam hal ini diperlukan keterampilan dalam memanfaatkan ruangan agar kamar Anda terlihat menarik sehingga membuat Anda nyaman berada di ruangan. Perpaduan warna cat rumah dan penempatan furniture pada kamar bisa memberikan kesan yang berbeda.

Mau tahu caranya? Simak yuk trik menata ruangan sempit berikut ini.

1. Masukkan barang-barang yang memang diperlukan
Memasukan furniture yang tidak penting, menjadi persoalan utama yang membuat kamar Anda terlihat sempit. Apalagi ditambah dengan berbagai barang elektronik di dalam kamar, membuat kamar Anda menjadi sempit dan panas karena panas yang dihasilkan dari barang-barang elektronik. Maka dari itu, sebaiknya pilih barang-barang yang memang hanya diperlukan. Sehingga tidak terjadi penumpukan barang dan Anda pun juga akan merasa nyaman saat berada di kamar.

2. Pemanfaatan Dinding
Cara untuk mengatasi persoalan sempitnya ruangan, salah satunya adalah memanfaatkan dinding. Penggunaan rak yang bisa ditempel di dinding atau biasa dikenal dengan floating shelf dapat membantu Anda untuk menyimpan barang-barang seperti alat buku, make up, aksesoris agar terlihat rapi. Pembuatan floating shelf ini tidak perlu membutuhkan biaya yang besar atau membelinya. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan papan tebal dan disertai dengan penyangga agar papan tidak mudah jatuh.

Kitchen Set juga sangat membantu merapihkan dapur yang memiliki ukuran kecil. Dengan adanya laci-laci dan rak-rak diatas kitchen set membuat perabotan tidak berantakan.

3. Manfaatkan bawah tempat tidur
Memanfaatkan ruangan yang tidak digunakan bisa menjadi solusi terbaik, Anda bisa memanfaatkan ruang dibawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang yang memang jarang digunakan seperti kertas ujian yang belum disortir, seprai tambahan, kaset dvd atau barang-barang lainnya yang memang tidak dipakai. Tentunya hal ini didukung dengan penataan yang menarik agar kamar Anda bisa terlihat rapi.

4. Maksimalkan ruang sudut
Mungkin Anda tidak pernah terpikirkan untuk memanfaatkan sudut ruangan. Hal ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan lemari kecil sebagai tempat cadangan makanan. ada baiknya biarkan lemari kecil tersebut kosong karena lemari tersebut bisa berfungsi sebagai lemari yang multifungsi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dengan menempatkan meja untuk menaruh computer atau barang elektronik yang lainnya.

5. Penambahan Cermin
Kesan luas dengan penambahan cermin di ruangan sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika adanya cermin didalam ruangan akan dapat membuka ruang baru, cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya lampu jadi cahaya yang alami akan dihasilkan oleh adanya cermin tersebut. Untuk mendapatkan ruangan yang baru didalam ruang yang sangat kecil anda bisa meletakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga pada belakang satu furnitur.

6. Perabotan Pemantul Cahaya
Jika anda tidak suka akan adanya cermin besar pada rumah anda, anda dapat menggunakan furnitur atau perabotan rumah tangga yang bisa juga merefleksikan objek ataupun cahaya didepan furnitur tersebut. Perlengkapan rumah berjenis vas bunga yang berbahan stainless steel atau pajangan alumunium juga bisa membuat efek yang sama yaitu sebagai pembuka ruang baru.

Dengan adanya cahaya yang cukup pada ruangan itu adalah kunci utama agar ruangan terlihat lebih terang dan juga terkesan besar. anda bisa menggunakan benda yang permukaannya dapat merefleksikan objek contohnya seperti gelas atau kaca. Benda – Benda tersebut tidak hanya merefleksikan objek dan cahaya namun bisa juga membuat ruangan anda terlihat lebih ringan.

7. Gambar lukisan yang besar
Jika ada tamu yang sedang bertamu pada rumah anda buatlah mereka fokus pada satu titik yang cukup menonjol. anda bisa meletakkan lukisan yang besar dengan gambar yang indah dan unik karena dengan begitu akan mengalihkan perhatian tamu yang berkunjung terhadap keadaan rumah anda yang sempit sekaligus dapat membuat ruangan lebih menarik

8. Hindari cat rumah berwarna putih jika …
Masyarakat luas banyak yang beranggapan bahwa dengan memberikan cat rumah berwarna putih akan membuat rumah tampak sejuk dan luas, padahal banyak para desainer interior mengatakan bahwa cat yang putih jika tidak tepat penggunaan justru membuat kesan ruangan lebih terlihat sempit. Seorang desainer interior menjelaskan bahwa jika penerangan yang ada pada rumah anda redup dan dinding anda berwarna putih maka akan ada suatu bayangan yang menyebabkan ruangan anda terlihat suram dan kotor.

Jadi banyak saran yang mengatakan untuk lebih menggunakan cat dinding berwarna lain supaya bayangannya sejelas cat putih dan itulah yang membuat rumah terlihat lebih besar dan suasanya lebih nyaman. Pada rumah kecil, saya sarankan penerangan yang cukup, jangan sampai suram, karena akan membuat ruangan terasa kecil.

Jangan lupakan permainan warna pada cat dinding dan furniture kamar karena sangatlah penting untuk menambah sisi menarik dari kamar. Untuk pemilihan warna dapat Anda sesuaikan dengan selera yang Anda inginkan.

Itulah 8 tips untuk menata interior rumah yang sempit jadi terlihat lebih luas dan lega. Tentunya akan lebih baik jika anda berkonsultasi secara langsung kepada kami untuk pembuatan jasa desain interior yang lebih matang.

Artikel lain Tips Menata Interior Rumah Sempit